Selasa, 27 Oktober 2020

TUGAS WEB PROGRAMMING II (PERTEMUAN 6) - UBSI DEWI SARTIKA

WEB PROGRAMING II


Merancang & Membuat Database Aplikasi pustaka-booking dan Konfigurasi database di Codeigniter


Berikut adalah gambaran struktur database yang akan kita buat untuk aplikasi pustakabooking ini. Buat sebuah database baru dengan nama “pustaka” kemudian buatlah table-table seperti berikut :
  1. Tabel User (user)

  2. Tabel Role (role)

    Isi Tabel role

  3. Tabel Kategori (kategori)

    Isi Tabel kategori

  4. Tabel Buku (buku)

    Isi Tabel buku

Membuat Koneksi Database Codeigniter dengan MySQL

Sebelum melakukan seting konfigurasi pada file database, terlebih dahulu harus disiapkan databasenya. Agar bisa langsung dipraktekkan.

Selanjutnya untuk menghubungkan codeigniter dengan database buka file config database codeigniter yang terletak di application/config/database.php kemudian cari baris sintak seperti berikut:

Kemudian masukkan username, password, dan nama database, untuk password jika tidak ada maka bisa dibiarkan kosong. Sehingga akan menjadi.



Membuat Model untuk CRUD


Pada tahap ini akan dibuat fungsi-fungsi yang bisa gunakan berulang kali, tanpa harus repot banyak-banyak membuat fungsi pada model. contohnya untuk insert data ke database, hanya buat satu fungsi untuk insert data ke database. Dan bisa kita gunakan secara berulangulang kali. Begitu juga dengan fungsi edit, hapus dan update data pada database.

Buat 2 buah file model dengan nama ModelUser.php dan ModelBuku.php. perlu diperhatikan untuk Penamaan Controller dan Model harus diawali dengan huruf besar di codeigniter 3. Memang tidak masalah jika dibuat dengan nama kecil, tetapi akan menyalahi aturan penggunaan codeigniter yang benar dan akan terjadi trouble saat diupload dihosting.

ModelUser.php


ModelBuku.php


Dengan model seperti di atas, Untuk menginput data ke database kita bisa menggunakan function simpan(), untuk menampilkan data atau mengambil data dari database kita bisa menggunakan function tampil(), untuk menghapus data dari database kita bisa menggunakan function hapus(), dan untuk mengupdate data pada database kita bisa menggunakan function ubah().

Kemudian kita harus mengatur autoload model di application/config/autoload.php. agar model-model yang sudah dibuat bisa digunakan dan di load secara otomatis. Jadi tidak perlu lagi kita load dari controller. 
Application/config/autoload.php 

Kemudian ubah menjadi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS MAKALAH MENGENALI DAN MEWASPADAI CYBER ESPIONAGE KELOMPOK 7 EPTIK

                                    MENGENAL DAN MEWASPADAI                                     CYBER ESPIONAGE   TUGAS MAKALAH ETIKA ...